Senin, 11 Mei 2015

TEMPAT WISATA DI INDRAMAYU (KOTA MANGGA)



Kabupaten Indramayu atau disebut Kota Mangga, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Indramayu. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang, serta Kabupaten Subang di barat. Kabupaten Indramayu terdiri atas 31 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Indramayu, yang berada di pesisir Laut Jawa.
Kabupaten  Indramayu tidak boleh dipandang sebelah mata dalam hal pariwisata. Indramayu mempunyai obyek wisata menarik tetapi biasanya hanya terkenal saat lebaran saja, karena banyak televisi dan media online yang menginformasikan kepadatan lalu lintas di jalur pantura (Pantai Utara) Indramayu. Indramayu sebenarnya memiliki potensi obyek wisata yang menarik dari pemandangan alam seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata buatan seperti kolam renang atau sarana hiburan serta wisata sejarah. Informasi ini mungkin sangat bermanfaat saat mengisi liburan di Indramayu. 
Berikut Obyek Wisata Menarik di Indramayu:
1.     Pantai Tirtamaya
Salah satu pantai yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan sejak dulu, selain sebagian pemandian yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat matahari terbit dan terbenam di pantai ini terletak di Juntinyuat ini. 
“Pantai Tirtamaya, Indramayu”

2.     Pantai Balongan
Pantai Balongan Indah ini terletak di Kecamatan Balongan dengan pemandangan pantai yang luas serta Anda bisa menikmati matahari terbit dan terbenam. Di Pantai ini sudah tersedia berbagai tempat pemandian untuk wisatawan yang habis berenang.
“Pantai Balongan, Indramayu”

3.     Pantai Karangsong.
Pantai ini letaknya tidak jauh dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Karang Song. Pantai ini sangat indah pada saat pagi dan sore hari. Pantai ini juga banyak pohon mangrove di pinggir pantainya.
“Pantai Karangsong, Indramayu”

4.     Pantai Lemah Abang Eretan
Walaupun pantai ini sudah dikelilingi oleh batu penahan ombak tetapi lokasinya sangat mudah dijangkau dari jalur Pantai Utara. 
“Pantai Lemah Abang Eretan, Indramayu”

5.     Pantai PLTU Sumur Adem
Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal sambil melihat dari dekat Pembangkit Listrik Tenaga Uap Sumur Adem. 
“Pantai PLTU Sumur Adem, Indramayu”

6.     Wisata Mangrove Karangsong
Indramayu ternyata memiliki keindahan wisata alam mangrove atau hutan bakau yang lokasinya berdekatan dengan obyek wisata Pantai Karangsong. 
“Hutan Mangrove, Indramayu”

7.     Pulau Biawak
Pulau ini bisa ditempuh dengan perahu nelayan sekitar 4 -5 jam, kecuali menggunakan perahu cepat yang bisa ditempuh sekitar 2 jam. Pulau Biawak sebagai objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri. Pasir putih, tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya, koloni biawak dan menara mercusuar yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872 mempunyai daya tarik historis terutama bagi wisatawan yang tertarik dengan bangunan-bangunan kuno. Aktivitas rekreasi yang dapat di lakukan di Pulau Biawak ini adalah selam, mancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan. Selain pulau biawak ada pulau Gosong yang berada di sekitar Pulau Biawak. 
“Pulau Biawak, Indramayu”

8.     Situ Bojong Sari
Merupakan lokasi wisata yang ada di pusat kota Indramayu yang mempunyai luas 6,5 ha. Situ ini memiliki luas permukaan air ± 6ha yang di lengkapi dengan sarana wisata air seperti water boom, sepeda air, perahu wisata dan olah raga dayung. situ bojong sari ini juga cocok untuk aktivitas mancing dan berkemah. 

“Situ Bojongsari, Indramayu”

9.     Situ Bolang
Situ ini terletak di desa Jatisura Kecamatan cikedung ± 20 km dari kota Indramayu dan Situ bolang ini merupakan salah satu wisata alternatif dengan suasana nyaman dan tenang yang di dukung nuansa pedesaan dengan panorama pesawahan dan pepohonan, memiliki luas 74 hektar. 
“Situ Bolang, Indramayu”

10.  Waduk Cipancuh
Waduk atau bendungan air ini yang terletak di Desa Cipancuh Kecamatan Haurgeulis. Waduk ini digunakan untuk mengairi pesawahan yang ada di sekitarnya. 
“Waduk Cipancuh, Indramayu”

11.    Situs Makam Banjar (Bulak)
Objek wisata ini terletak di desa bulak Kecamatan jatibarang sekitar 17 km dari kota Indramayu dan objek ini banyak di kunjungi wisatawan karena keunikannya yaitu terdapat koloni kera yang sejak jaman dahulu hingga sekarang berjumlah 41 ekor. 
“Situs Makam Banjar (Bulak)”

12.   Wisata Agro Cemara
Sebagai daerah yang banyak hutan kayu putih Kabupaten Indramayu memiliki obyek Wisata Agro yang menarik yang terletak di Kecamatan Cikedung, di mana dapat di lihat mulai dari proses penanaman, pemeliharaan sampai produksi kayu putih berupa minyak kayu putih. Wisata agro lainnya di Desa Cemara Kecamatan Losarang dan Desa Cangkring. 
“Argo Cemara, Indramayu”

13.     Situs Makam Raden Arya Wiralodra
Raden Arya Wiralodra merupakan pendiri kota Indramayu. Makam wiralodra ini terletak di Desa Sindang (lapangan krapyak) Kecamatan Sindang kurang lebih 500 m sebelah barat Pendopo Kabupaten Indramayu.
“Situs Makam Raden Arya Wiralodra, Indramayu”

14. Situs Makam Selawe
Situs ini terletak di Desa Dermayu Kecamatan Sindang sekitar 1 km dari pusat kota Indramayu. Di makam selawe tersebut terdapat makam Pangeran Guru dari Palembang, salah seorang penantang Nyi Endang Darma juga 24 makam muridnya. Maka makam ini dinamakan makam selawe atau dua puluh lima. 
“Situs Makam Selawe, Indramayu”

15. Situs Makam Buyut Tambi
Situs makam ini berada di Desa Tambi Kecamatan Sliyeg. sekitar 20 km dari kota Indramayu. Di Makam ini sering diadakan acara rutin seperti Ngunjung. Makam Buyut Tambi sangat ramai dikunjungi para peziarah baik dari Kabupaten Indramayu tetapi juga dari daerah lainnya, dalam rangka munjungan maupun sekedar nyekar. Perbedaan antara munjungan dan nyekar adalah waktu pelaksanaannya. Jika nyekar hanya dilakukan menjelang bulan Ramadhan, maka munjungan tidak terbatas waktu. Kapan saja bisa. Namun, yang paling sering dilakukan pada bulan Jumadilakhir dalam penanggalan Jawa. Bulan Jumadilakhir adalah bulan di saat panen kedua usai setiap tahun. Sehingga kegiatan munjungan tersebut dapat berjalan lancar. Hal ini terkait juga dengan biaya yang ditanggung bersama oleh seluruh keluarga. 


“Situs Makam Buyut Tambi, Indramayu”

16. Wisata Rohani Ma’had Al Zaytun
Al Zaytun adalah sebuah Pesantren Modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 hektar, terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indrarmayu, Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya dan berwawasan lingkungan.
“Ma’had Al Zaytun, Indramayu”

17. Alun-alun Kota
Merupakan Pusat Kota atau biasa disebut Alun-alun, sekaligus sebagai pusat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan pada sore hari dan hari libur kawasan ini menjadi ramai oleh pengunjung dan pedagang yang ada di sekitarnya. 
“Alun-alun kota, Indramayu”

18.  Masjid Agung Indramayu
Masjid ini merupakan karya arsitek beretnis China dimana Masjid Agung ini terletak di pusat Kota berdampingan dengan Pusat Pemerintahan/ Pendopo Indramayu. 

“Masjid Agung, Indramayu”


19. Kilang Pengolahan Minyak Balongan
Balongan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.Di daerah ini terdapat Stasiun Pengumpul minyak mentah, kilang minyak Balongan yang mengolah minyak serta Depot balongan yang menampung minyak hasil olahan sebelum disalurkan ke ke konsumen di Jawa Barat dan Jakarta.
“Kilang Pengolahan Minyak, Balongan Indramayu”

20. Taman Kota Cimanuk Indramayu
Taman kota yang satu ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri tidak biasanya seperti taman-taman kota pada kota lian. Taman kota ini terletak di bantaran sungai Cimanuk. Masyarakat Indramayu sendiri ada yang menyebutnya sebagai Taman Kota dan ada juga yang menyebutkan Taman Cimanuk. Taman kota ini berlokasi di dekat Balai Kota Indramayu atau di samping Masjid Agung Indramayu. Disini anda bisa menikmati suasana yang sangat mengesankan dan bisa duduk sambil membeli minuman dan makanan.
Taman kota ini menjadi ikon baru Kabupaten Indramayu. Selain itu taman kota ini dilengkapi dengan sampan yang berada ditengah-tengah sungai yang terbuat dari bambu. Namun, sampan ini tidak bisa digunakan oleh pengunjung karena hanya sebagai hiasan saja. Dan taman kota ini dilengkapi dengan tempat sampah yang berada disekitarnya tujuannya untuk mengurangi membuang sampah sembarangan. Dan taman kota ini dilengkapi dengan lampu-lampu untuk menerangi pada malam hari.
“Taman Kota Cimanuk, Indramayu”

21. Pantai Glayem 
Salah satu pantai yang ada di wilayah Kecamatan Juntinyunyat adalah Pantai Glayem. Pantai itu dahulu adalah pelabuhan yang biasa disinggahi oleh nelayan setmpat.Bahkan ada kepercayaan masyarakat setempat yang unik. Menurut kepercayaan itu nelayan yang singgah di pelabuhan itu ikan hasil tangkapannya akan lebih laris. Selain itu rasa  ikannya juga lebih enak.
Pantai Glayem akan lebih ramai dipadati para pengunjung pada saat libur panjang.Di pantai itu tersedia tempat bermain untuk anak-anak, rumah makan dan tempat parkir yang nyaman. Bagi anda yang lupa membawa alas tempat duduk  bisa menyewa tikar dari para pemilik warung yang berjualan di situ.
Harga sewa untuk satu tikar bisanya tidak lebih dari 10,000 rupiah. Di pantai Glayem terdapat rumah makan yang terkenal yaitu Perdut. Selain itu ada juga warung-warung yang menyediakan makanan yang lain seperti bakso, mi ayam dan aneka cemilan-cemilan.
Bagi anda pecinta kopi di warung-warung penjual makanan bisanya juga menyediakankopi.
Pada saat libur pnjang biasanya ada acara panggung hiburan,yang biasanya diisi oleh artis-artis Pantura yang sudah terkenal. Para pengunjung di pantai Glayem bukan hanya dari wilayah Juntinyuat tapi dari wilayah tiga Cirebon. Yang dimaksud wilayah tiga itu adalah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. Selain disebut sebagai daerah wilayah tiga ada juga sebutan yang lain yaitu wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

“Pantai Glayem, Indramayu”

              
                                                       “Rumah Makan Perdut, Glayem Indramayu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar